Minggu, 02 Agustus 2009

Taman Bunga Nahjul Balaghah (2)


Karena hubungan dan ikatannya yang luas dengan Tuhan, maka para kekasih Allah mampu mencapai puncak kesempurnaan tinggi yang tidak mampu dicapai oleh manusia biasa. Imam ‘Ali as merupakan salah satu kekasih Allah yang paling menonjol. Pada pembahasan awal telah kami sebutkan bahwa dalam buku berjudul Nahjul Balaghah, beliau dapat lebih baik dikenali. Kitab Nahjlul Balaghah yang bak sebuah sumber air yang jernih dan bening, dapat membuka harta karun berharga dan makrifat Ilahi dalam bagi kita.
Salah satu materi yang dalam Nahjul Balaghah dijelaskan dengan indah dan menarik adalah masalah ibadah serta perhatian terhadap zikir atau mengingat Tuhan. Pada prinsipnya, manusia memiliki pandangan yang berbeda dalam masalah ibadah. Sebagian besar orang memandang ibadah secara picik serta menganggapnya hanya sebagai pelaksanaan kewajiban atau bahkan transaksi dengan Tuhan. Sebagian memiliki pandangan yang arif dan bijak dalam masalah ibadah. Ibadah dalam Nahjul Balaghah dijelaskan secara apik, arif dan bijak.
Dalam pandangan Imam Ali as, ibadah merupakan tangga untuk naik mendekati Tuhan dan mi'raj ruhani ke arah pengenalan yang lebih jauh terhadap-Nya. Dengan kata lain, ibadah adalah perbuatan paling baik dan ungkapan syukur manusia kepada Tuhan pencipta alam semesta. Ali as menyatakan bahwa ibadah adalah mengingat Tuhan. Dan sekaitan dengan hal itu, beliau berkata, "Tuhan telah menjadikan dzikir akan diri-Nya sebagai penyinar hati. Lewat dzikir, jiwa dan hati bisa mendengar, melihat dan menjadi lemah lembut. Di saat tidak ada Nabi di tengah umat, Tuhan memiliki hamba yang dengan mereka Dia menyampaikan rahasia ilahi dan berbicara dengan akal mereka."
Kemudian, Ali as menjelaskan berbagai keadaan dan kedudukan yang dimiliki para ahli ibadah. Imam Ali (as) berkata, "Malaikat-malaikat selalu menjaga mereka, ketenangan memenuhi hati mereka. Pintu-pintu malakuti terbuka bagi mereka. Kasih sayang Ilahi yang tak terbatas, tercurahkan untuk mereka. Allah SWT melihat kedudukan dan derajat yang mereka peroleh melalui penyembahan dan pengabdian, menyukai amal mereka dan memuji kedudukan mereka. Di saat mereka menyebut Tuhan, mereka mencium bau ampunan Ilahi dan merasakan terkoyaknya tirai gelap dosa-dosa."
Dalam Islam, tertulis jelas bahwa ibadah menyatu dengan urusan keseharian. Sebagian ibadah dilakukan secara berkelompok dan memiliki faedah yang luar biasa. Ibadah yang bersifat pribadi juga telah diatur sedemikian rupa sehingga orang yang menjalankannya akan mengenal tugasnya di kehidupan ini. Misalnya shalat yang merupakan manifestasi penuh dari penyembahan dan ibadah, sebagian kewajibannya bersifat etika dan kemasyarakatan. Ibadah ini mengikat manusia dengan hal-hal kesucian, penghormatan hak orang lain, perhatian kepada waktu, dan kecintaan kepada hamba-hamba Tuhan yang mulia. Islam menilai semua pekerjaan sebagai ibadah berdasarkan niat suci yang baik dan benar.
Ali as menyatakan bahwa dunia ibadah penuh dengan kenikmatan dan sensasi. Kenikmatan ibadah tidak dapat dibandingkan dengan kenikmatan duniawi apapun. Ibadah penuh dengan semangat dan gelora. Menurut Ali as orang yang beruntung adalah orang yang dibuai oleh belaian ibadah dan munajat. Barangsiapa yang melangkahkan kaki dan bermunajat kepada Allah akan mendapatkan ketenangan, keyakinan hakiki dan memasuki dunia terang penuh cahaya tanpa ada kegelapan di dalamnya atau kekhawatiran. Dunia ini sangat menyenangkan dan penuh keindahan.
Imam Ali as dalam Nahjul Balaghah berkaitan dengan hal ini berkata, "Betapa beruntung dan berbahagia orang yang melaksanakan perintah Tuhannya. Tuhan menjadi penolong baginya dan memuji pekerjaannya. Kesulitan dan kesusahan ibarat bagai batu yang hancur lebur tergiling ketika ia menyingkirkan rasa kantuk di malam hari dan menyamarakkannya dengan ibadah malam. Mereka adalah sekelompok orang yang mengusir rasa kantuk karena ketakutan akan hari kiamat. Orang-orang ini bangkit dari tempat tidurnya dan bibir-bibir mereka bergerak pelan memanggil dan berdzikir kepada Tuhannya. Mereka adalah pasukan Allah, mereka adalah orang orang yang beruntung." (Irib/Ama)