Minggu, 02 Agustus 2009

Taman Bunga Nahjul Balaghah (1)


Anda tentunya tahu bahwa kitab Nahjul Balaghah yang ditulis oleh Sharif Radzi adalah kumpulan pemikiran dan petuah Imam Ali as. Ali adalah Manusia suci yang tak ada duanya sepanjang sejarah. Kata-kata, pidato dan surat-surat yang ditulisnya dan diabadikan oleh Syarif Radhi dalam Nahjul Balaghah adalah manifestasi dari kemuliaan dan keajaiban, yang mengalir dari hati penuh ma'rifat dan cinta kepada Allah. Karakteristik paling penting dari ucapan-ucapan Imam Ali as adalah kefasihan bahasa dan kedalaman makna yang dapat disaksikan dengan baik dalam Nahjul Balaghah. Sekarang, setelah 14 abad berlalu, umat manusia di era ini masih dapat menikmati keluwesan, keindahan dan keatraktifan Nahjul Balaghah.
Syeikh Muhammad Abduh, mufti Mesir tempo dulu, saat berada di negeri asing, berkenalan dengan kitab Nahjul Balaghah. Keberagaman materi dan topik yang dibahas dalam Nahjul Balaghah memberikan kepuasan tersendiri bagi lawan bicaranya dalam berbagai hal. Kitab ini membangkitkan keterpikatan dan ketertarikan luar biasa dalam dirinya sehingga ia sadar telah menemukan harta karun yang sangat berharga. Oleh karena itu, Syeikh Mohammad Abduh menulis syarah atau penjelasan ringkas tentang isi kitab Nahjul Balaghah yang hingga saat ini menjadi rujukan banyak orang yang ingin memahami secara singkat kandungan kata-kata, khotbah dan surat-surat Imam Ali (as).
Syeikh Mohammad Abduh Beliau mengatakan : "Di masyarakat Arab, tidak ada seorangpun yang tidak berkeyakinan bahwa ucapan Ali as adalah ucapan paling mulia, paling fasih, paling dalam maknanya dan paling lengkap sesudah al-Qur'an dan Hadits Nabi."
Ali al-Jundi, Dekan Fakultas Ilmu di Universitas Kairo Mesir, dalam buku "Syair dan Hikmah Ali as" mengatakan, "Sebagian orang memiliki kemahiran dalam mengurai kata-kata singkat, sementara sebagian lagi mahir dalam menyampaikan khutbah-khutbah panjang. Dalam kedua hal itu, tak ada yang menandingi Ali as, sebagaimana halnya tak ada yang dapat mengungguli Ali dalam semua keutamaan."
Sayyid Radhi, sekitar seribu tahun yang lalu telah mengumpulkan perkataan-perkataan Ali as dalam bentuk khutbah, surat dan hikmah-hikmah singkat dalam buku berjudul Nahjul Balaghah. Beliau berkata, "Salah satu keajaiban yang hanya ada pada diri Ali (as) adalah ketika memperhatikan ucapan beliau tentang kezuhudan, wejangan dan penyadaran, orang akan menyangka bahwa penyampai ucapan ini hanya mengenal zuhud dan hidup menyendiri di mihrab serta menjauhkan diri dari kebisingan urusan duniawi. Tak akan ada yang percaya bahwa ucapan yang bergelombang dan penuh makna ini, keluar dari lisan seorang figur agung, yang ikut terlibat secara langsung di medan peperangan dengan gagah berani menghadapi musuh, meski demikian, ia adalah hamba Allah yang paling zuhud dan paling banyak beribadah."
Tidak bisa dipungkiri, bahwa perkataan-perkataan Ali as berasal dari ilmu dan pengetahuannya yang dalam, ruhnya yang mulia dan kekuatan serta kearifannya. Rasulullah saww dalam sabdanya, selalu menunjukkan keistimewaan karakteristik Ali bin Abi Thalib as dan mengajak umat untuk menikmati sumber ilmu dan ma'rifat ini. Ucapan masyhur Rasulullah mengenai Ali adalah sabda beliau yang berbuniy, "Aku adalah kota ilmu dan ‘Ali adalah pintunya."
Alangkah baiknya, kalau kita perhatikan ucapan ‘Ali as sendiri. Suatu hari, salah satu sahabat ‘Ali as ingin menyampaikan sebuah khutbah, tapi ia tak mampu dan lidahnya seakan terkunci. Ali as berkata, "Sesungguhnya lidah adalah bagian dari tubuh dan dikendalikan oleh otak. Jika otak tidak bergolak dan aktif, lidah juga tidak akan menghasilkan apapun. Namun, jika otak terbuka lidah juga akan terbuka. Ali as kemudian berkata, "Sesunguhnya kami adalah pemimpin pasukan kata-kata. Pohon kata-kata berakar di antara kami dan cabang-cabangnya bergantung di atas kepala kami." (irib, Ama Salman)